Cara Blogger Promosi Produk & Jasa

Internet penuh dengan blogger dan influencer yang mempromosikan produk dan layanan untuk meningkatkan kesadaran merek dan penjualan. Meskipun mungkin tampak seperti pekerjaan yang menyenangkan (dan banyak influencer akan memberi tahu Anda bahwa itu adalah pekerjaan yang menyenangkan), ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membangun pengikut dan bekerja dengan merek. Ikuti panduan ini untuk mempelajari cara menjadi duta merek.


Identifikasi Niche Target untuk Merek Anda

Langkah pertama dalam perjalanan Anda untuk menjadi seorang influencer adalah menemukan niche Anda. Ini berarti menemukan industri atau subjek di mana Anda adalah seorang ahli dan menawarkan sesuatu kepada audiens Anda yang tidak dapat mereka dapatkan di tempat lain. Mengidentifikasi niche Anda membutuhkan beberapa penelitian, jadi mungkin perlu waktu untuk menemukan sesuatu yang membedakan Anda dari yang lain. Misalnya, ceruk rias dan kecantikan sangat kompetitif, tetapi jika Anda dapat membuat tutorial yang berbeda dari yang sudah ada di luar sana, Anda dapat menerobos kebisingan dan membuat diri Anda diperhatikan.

Buat Konten untuk Membangun Followers

Orang-orang tertarik pada konten blog viral yang menarik, jadi mulailah dengan membuat konten yang menarik, unik, dan bermanfaat. Anda mungkin merasa seolah-olah berbicara dengan kekosongan saat pertama kali memulai, tetapi orang-orang yang Anda jangkau akan menghargai perhatian yang Anda berikan pada postingan Anda.


Selama waktu ini, manfaatkan hashtag untuk mempromosikan konten Anda. Meskipun Anda mungkin tidak memiliki hal berikut yang Anda inginkan, Anda masih dapat diperhatikan dengan beberapa tagar utama.

Tetap Aktif di Saluran Sosial Anda

Jika Anda ingin menjadi duta merek, Anda harus berkomitmen pada audiens Anda. Banyak blog dan saluran merek memposting konten baru setidaknya setiap hari, dan terkadang beberapa kali sehari, ketika mereka pertama kali memulai tetapi kemudian gagal dalam beberapa bulan pertama. Apa yang dimulai sebagai peluang yang menarik menjadi beban, dan akun sosial media menjadi gelap.

Terkait: Dapatkah saya mengirim email atau menelepon merek?

Berkomitmen untuk menghabiskan setidaknya satu jam setiap hari di saluran sosial Anda. Meskipun Anda dapat menjadwalkan posting sebelumnya melalui layanan seperti Buffer, Anda juga harus meluangkan waktu untuk terlibat dengan merek lain, mengikuti orang-orang yang menarik di niche Anda, dan menanggapi pertanyaan atau komentar apa pun. Butuh waktu untuk menarik dan memelihara pengikut, tetapi kesabaran dan kerja keras pada akhirnya akan membuahkan hasil.


Terlibat Dengan Merek dan Pengikut

Jumlah pengikut adalah metrik penting bagi influencer dan merek yang terlibat dengan mereka. Namun, kualitas pengikut Anda tetap menjadi yang utama. Banyak merek bersedia bekerja dengan akun yang lebih kecil yang memiliki tingkat keterlibatan lebih tinggi karena mereka tahu bahwa pesan mereka akan menjangkau audiens yang aktif. Anda mungkin tergoda untuk membangun ribuan pengikut, tetapi upaya Anda tidak akan membuahkan hasil jika mereka tidak terlibat dengan konten Anda.


Luangkan waktu untuk menanggapi komentar dan pertanyaan dengan sungguh-sungguh. Komentari posting influencer lain di niche Anda, dan lakukan diskusi yang bermakna. Ini akan terbukti lebih berharga daripada jumlah pengikut palsu.


Bekerja Dengan Usaha Kecil untuk Membentuk Kemitraan

Saat Anda membangun pengikut, Anda dapat mulai menjangkau bisnis kecil yang ingin bermitra dengan Anda. Ini adalah bisnis yang sudah Anda beli atau yang membuat posting tentang mencari influencer. Ketika Anda pertama kali memulai, promosi berbayar mungkin datang dalam bentuk diskon atau hadiah khusus, meskipun Anda dapat bekerja sampai pada titik di mana Anda dibayar biaya untuk posting yang Anda buat.


Selama waktu ini, pastikan konten yang Anda posting terkait dengan niche Anda. Audiens Anda akan melihat jika akun Anda tiba-tiba keluar dari merek hanya agar Anda bisa mendapatkan sponsor.


Temukan Jaringan Lebih Besar untuk Terhubung Dengan Merek

Ketika merek yang lebih kecil mulai memperhatikan Anda dan Anda mempelajari dasar-dasar bagaimana menjadi duta merek, Anda dapat mulai memperluas koneksi Anda dan mendapatkan lebih banyak penghasilan sebagai influencer. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menemukan platform yang menghubungkan merek dengan influencer tepercaya.


Misalnya, Intellifluence adalah salah satu platform yang gratis untuk influencer. Anda dapat mendaftar, mengidentifikasi niche Anda, dan membuat diri Anda tersedia untuk merek yang ingin mempromosikan diri mereka melalui saluran Anda. Dengan cara ini, merek menemukan Anda. Ini menghemat waktu Anda dan memungkinkan Anda untuk berkembang tanpa menghabiskan beberapa jam per minggu untuk penjangkauan dan manajemen hubungan.

Menjadi duta merek memang mengasyikkan, tetapi itu bukan sesuatu yang bisa Anda lakukan dalam semalam. Anda harus berdedikasi untuk audiens Anda dan menjadi ahli di niche Anda. Kemudian merek akan mulai datang ke situs Anda dan menawarkan posting yang disponsori. Dengan bekerja keras dan fokus pada konten dan audiens Anda, Anda dapat mengambil langkah pertama untuk menjadi duta merek yang sukses.

Comments